Kamis, 28 Februari 2013

Pengertian Atmosfer

Pengertian Atmosfer Adalah lapisan udara yang menyelubungi bola Bumi dan terdiri dari bermacam-macam gas. Udara yang mengelilingi permukaan Bumi tersebut terdiri dari bermacam-macam lapisan dan memiliki ciri-ciri sendiri. 



1. Lapisan Troposfer


Merupakan lapisan paling bawah. Di daerah kutub ketinggiannya mencapai 8 km, sedangkan di daerah khatulistiwa ketinggiannya mencapai 18 km. Di dalam lapisan Troposfer ini terjadi awan, hujan, perubahan suhu udara, atau proses-proses yang menentukan cuaca.

2. Lapisan Stratosfer


Stratosfer adalah lapisan yang berada diatas troposfer. Pada bagian atas stratosfer terdapat lapisan ozon yang merupakan pelindung bagi mahluk hidup di muka Bumi dari radiasi sinar ultra violet matahari.

3. Lapisan Mesosfer


Mesosfer berada diatas stratosfer. Pada lapisan ini suhu udara mula-mula tinggi kemudian menurun dengan bertambahnya ketinggian. Suhu bagian atas dan puncak Mesosfer mencapai -90 derajat Celcius.

4. Lapisan Termosfer


Termosfer berada diatas mesosfer. Pada lapisan ini suhu semakin tinggi dengan bertambahnya ketinggian. Lapisan bawah termosfer disebut Ionosfer dan sangat berperan dalam pentebaran gelombang radio.

5. Lapisan Eksosfer


Eksosfer berada diatas ketinggian 1000 km dan merupakan lapisan paling luar dari Atmosfer. Lapisan ini dapat menghancurkan benda-benda luar angkasa yang melewatinya.
Judul: Pengertian Atmosfer; Ditulis oleh Owl; Rating Blog: 5 dari 5

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar