Rabu, 27 Februari 2013

Pengertian Apa Itu Gerak Tektonik

Pengertian Apa Itu Gerak Tektonik Gerak Tektonik merupakan gerak yang berasal dari dalam Bumi karena magma mengalami gerakan secara terus menerus. Gerakan magma ini berasal dari inti Bumi menuju keluar atau bergerak ke samping dan mempengaruhi kerak Bumi sehingga ikut bergerak dan dapat menyebabkan gempa bumi.

Jenis Gerak tektonik ada 2, yaitu :


1. Gerak Tektonik Orogenesa

Gerak tektonik orogenesa adalah gerak kulit Bumi yang berjalan relatif cepat meliputi daerah yang sempit. Gerak ini dapat berbentuk deretan pegunungan lipatan, misalnya pegunungan Kendeng di pulau jawa. Gerak ini dapat pula membentuk pegunungan patahan, seperti pegunungan selatan di pulau jawa dan Nusakambangan.

Gerak orogenesa juga juga dapat menyebabkan tanah turun sehingga permukaan Bumi lebih rendah dari sekitarnya yang disebut sebagai depresi kontinental.

2. Gerak Tektonik Epirogenesa 

Gerak Tektonik Epirogenesa adalah gerak kulit Bumi yang berjalan pelan dalam waktu yang lama meliputi daerah luas. Arah gerakan tektonik epirogenesa ada yang ke atas dan kebawah. Sebagian contoh yaitu terjadinya dataran tinggi akibat pengangkatan.
Judul: Pengertian Apa Itu Gerak Tektonik; Ditulis oleh Owl; Rating Blog: 5 dari 5

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar