Rabu, 27 Februari 2013

Pengertian Apa Itu Erosi

Pengertian Apa Itu ErosiPengertian erosi adalah proses pengikisan permukaan Bumi yang disebabkan oleh air yang mengalir, gelombang, es dan angin. 

Faktor-faktor dominan yang merubah bentuk muka Bumi dipengaruhi oleh kondisi alam setiap wilayah, misalnya didaerah tropis basah dipengaruhi oleh tenaga aliran air permukaan, daerah gurun oleh tenaga angin dan daerah pantai oleh tenaga gelombang laut.

Pengaruh adanya erosi terhadap perubahan bentuk permukaan Bumi antara lain :


1. Gunung-gunung yang tinggi menjadi rendah

2. Jurang-jurang yang dalam makin lama makin dangkal akibat sedimentasi ketikaterjadi erosi pada dinding tebing dan lereng-lereng gunung.

3. Dataran tinggi menjadi rendah dan dataran rendah menjadi dataran tinggi (gradasi) karena proses sedimentasi.

4. Terjadinya pembentukan permukaan Bumi yang datar dan disekitarnya terdapat bukit sisa pegunungan (monadnock) yang disebut dengan peneplain.

Erosi air memiliki berbagai bentuk sebagai berikut :


1. Erosi percikan (splash erosian) yaitu erosi permukaan yang disebabkan oleh percikan air hujan yang turun ke permukaan Bumi.

2. Erosi permukaan (sheet erosian) yaitu erosi yang mengikis bagian tanah paling atas yang subur dan kaya akan unsur hara tanaman.

3. Erosi alur (riil erosian) yaitu erosi yang terjadi karena adanya daya aliran secara terus-menerus mengikis tanah yang merambat kebagian bawah bekas erosi.

4. Erosi parit (gully erosian) yaitu erosi yang terjadi pada anak-anak sungai kecil yang berkumpul menjadi aliran sungai yang lebih besar dan deras dan pada akhirnya terbentuk jurang lereng yang curam menyerupai ngarai (canyon)
Judul: Pengertian Apa Itu Erosi; Ditulis oleh Owl; Rating Blog: 5 dari 5

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar