Jumat, 29 Maret 2013

Pengertian Apa Itu Malaikat

Pengertian Apa Itu Malaikat - Allah menciptakan makhluk dalam dua macam, yaitu makhluk yang nyata atau kelihatan dan makhluk gaib atau tidak kelihatan. Makhluk yang nyata, seperti manusia, tumbuh-tumbuhan, binatang, dan sebagainya. Sedangkan makhluk yang gaib atau tidak kelihatan, seperti jin dan malaikat. Malaikat adalah makhluk gaib yang diciptakan Allah dari nur atau cahaya. Malaikat bukan laki-laki dan bukan perempuan. Malaikat tidak makan dan tidak minum. Malaikat diberi akal, tetapi tidak mempunyai nafsu. Malaikat adalah makhluk yang paling taat kepada Allah. Malaikat adalah makhluk Allah yang suci. Artinya, malaikat tidak pernah berbuat dosa. Malaikat adalah makhluk yang paling setia kepada Allah karena malaikat selalu melaksanakan perintah Allah. Malaikat termasuk makhluk yang suci. Mereka tidak pernah berbuat dosa, baik dosa besar maupun dosa kecil. Setiap saat dan kapan saja siap melaksanakan perintah Allah.

Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surah al-Anbiya ayat 26-27 berikut ini.

Artinya:
26. Dan mereka berkata: “Tuhan Yang Maha Pemurah telah mengambil (mempunyai) anak”, Maha Suci Allah. Sebenarnya (malaikat-malaikat itu), adalah hamba-hamba yang dimuliakan.

Artinya:
27. mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan 
mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya.

Malaikat tidak pernah lelah dalam melaksanakan apa-apa yang diperintahkan kepada mereka. Sebagai makhluk gaib, wujud Malaikat tidak dapat dilihat, didengar, diraba, dicium, dan dirasakan oleh manusia,. Iman kepada malaikat adalah bagian dari rukun iman. Untuk itu, kita wajib beriman kepada malaikat. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya. Mereka tidak pernah berdosa sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an surah al-Anbiya ayat 19-20.

Artinya:

19. Dan kepunyaan-Nyalah segala yang di langit dan di bumi. Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih.

Artinya:
20. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.
Judul: Pengertian Apa Itu Malaikat; Ditulis oleh Owl; Rating Blog: 5 dari 5

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar