Minggu, 10 Maret 2013

Pengertian Apa Itu Angin Muson

Pengertian Apa Itu Angin Muson – Angin muson adalah angin yang disebabkan oleh perbedaan suhu udara yang mencolok antara saratan dan lautan. Angin muson disebut juga sebagai angin musim yang bertiup di lautan Hindia dan berganti arah setiap enam bulan sekali. 

Angin muson yang melewati Indonesia yaitu angin muson timur laut dan angin muson tenggara.


1. Angin muson timur laut

Angin muson timur laut terjadi pada bulan oktober – april. Pada saat itu benua Asia memperoleh panas yang sedikit, sehingga tekanan udaranya tinggi, sebaliknya di benua Australia memperoleh panas yang banyak sehingga tekanan udaranya rendah dan menyebabkan terjadinya hembusan angin dari benua Asia menuju ke benua Australia.

2. Angin muson tenggara

Angin muson tenggara terjadi pada bulan april – oktober. Pada saat itu benua Australia memperoleh panas yang sedikit, sehingga tekanan udaranya tinggi, sebaliknya di benua Asia memperoleh panas yang banyak sehingga tekanan udaranya rendah dan menyebabkan terjadinya hembusan angin dari benua Australia menuju ke benua Asia.

Selain angin muson juga terdapat angin pancaroba, yaitu angin yang arah gerakannya tidak menentu. Angin ini terjadi pada saat menjelang pergantian musim yaitu dair musim kemarau ke musim penghujan, berkisar antara september dan oktober, serta dari musim penghujan ke musim kemarau, yaitu berkisar antara bulan maret dan bulan april.


Judul: Pengertian Apa Itu Angin Muson ; Ditulis oleh Owl; Rating Blog: 5 dari 5

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar