Minggu, 10 Maret 2013

Pengertian Apa Itu Angin Lokal

Pengertian Apa Itu Angin Lokal – Angin lokal adalah angin yang bertiup dari suatu tempat ke tempat lain pada daerah yang terbatas. 

Jenis-jenis angin lokal :


1. Angin darat dan Angin Laut

Angin darat adalah angin yang bertiup dari daratan menuju ke laut dan terjadi pada malam hari. Pada malam hari suhu udara di darat lebih dingin daripada di laut, sehingga di darat tekanan udara lebih tinggi. Oleh karena itulah angin darat menuju ke laut.

Angin laut adalah angin yang bertiup dari laut menuju ke daratan dan terjadi pada siang hari. Pada siang hari suhu udara di darat lebih dingin daripada di laut, sehingga di laut tekanan udara lebih tinggi. Oleh karena itulah angin laut menuju ke darat.

2. Angin Lembah dan Angin Gunung

Angin lembah adalah angin yang bertiup dari lembah menuju ke gunung dan terjadi pada siang hari. Pada siang hari suhu udara di lembah lebih dingin daripada di puncak gunung, sehingga tekanan udaranya lebih tinggi. Oleh karena itulah angin lembah menuju ke puncak gunung.

Angin Gunung adalah angin yang bertiup dari gunug menuju ke lembah dan terjadi pada malam hari. Pada malam hari suhu udara di puncak gunung lebih dingin daripada di lembah, sehingga di darat tekanan udara lebih tinggi. Oleh karena itulah angin puncak gunung menuju ke lembah.

Selain angin darat, angin laut, angin lembah dan angin gunung juga terdapat angin setempat yang sifatnya kering dan panas, yaitu angin Fohn atau ada yang mengatakan angin jatuh. Angin jatuh (angin terjun) adalah angin yang berhembus ke atas puncak pegunungan akan berkurang suhunya, sebaliknya angin itu akan meningkat suhunya ketika menuruni lereng. Angin turun yang sifatnya panas dan kering inilah yang disebut angin terjun.


Di Indonesia angin terjun terjadi pada saat musim kemarau dan musim angin timur, seperti angin bahorok di lembah bahorok Sumatera Utara, angin kumbang di daerah tegal dan Brebes Jawa Tengah, angin gending di pasuruan dan Probolinggo Jawa Timur, angin Brubu di Sulawesi Selatan dan angin wambrau di Papua.





Judul: Pengertian Apa Itu Angin Lokal ; Ditulis oleh Owl; Rating Blog: 5 dari 5

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar